Nap6NaR7NaFcNWt8NaV5NGxbLCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Luar Biasa HP Canggih Fitur iPhone 13 Pro Recommended Beli!


Halo guys, counterHP disini dan ini adalah iPhone 13 Pro dan ini adalah iPhone 13 Pro, Max! Keduanya memiliki perbedaan yang ngga banyak, cuma 3 doang yang harus diperhatiin.

Perbedaan Apple iPhone 13 Pro vs Apple iPhone 13 Pro Max


1 .Ukuran layar, 

  • iPhone 13 Pro, layarnya 6.1 inci, 
  • iPhone 13 Pro Max, layarnya 6.7 inci. 


2. Berat, 

Otomatis Pro Max jadi lebih gede dan lebih berat, selisihnya 30an gram. 


3. Baterai

  • iPhone 13 Pro, 3095 mAh
  • iPhone 13 Pro Max, 4352 mAh.  

3 perbedaannya standar standar aja ya, nggak bikin heran lah karena dari dulu juga gitu kok. Pro vs Pro Max, cuma beda gedenya doang. Jarang ada yang beda dari yang tadi. Cara milihnya tinggal sesuaiin sama selera ukuran bodi dan turunannya aja. Nggak usah pusingin yang lain.
 
Karena apapun yang anda pilih, upgrade yang didapet tetep sama nikmatnya. Auto recommended nggak pake mikir. Anda tinggal milih aja mau versi yang Pro atau Pro Max, warnanya apa, kapasitas memori internalnya berapa, mau casingnya merek apa, mau tambah aksesoris atau nggak.

Kalau anda memang pengen upgrade ke iPhone baru, iPhone 13 Pro ini auto rekomen lah sekali lagi. Tiap tahun pasti lebih bagus. Kayak misalnya nih ya, dii bagian depannya, poni iPhone 13 Pro ini, udah dibikin lebih kecil, ini pertama kali bisa lebih ramping dari poni iPhone sejak zaman iPhone X, itu juga tanpa ngilangin teknologi infra merah dan kawan-kawan yang buat 3D scan muka kita itu lho, nggak ada yang dikompromiin!



Sekarang iPhone 13 Pro akhirnya punya layar ProMotion yang refresh ratenya 120Hz! Itu dua kali lipet lebih kenceng dari iPhone-iPhone sebelumnya yang cuma 60Hz ya. Efek yang dikasih memang berasa banget sih, yang awalnya fine fine aja sama layar 60Hz di iPhone 12 Pro, langsung ngerasa iPhone 13 Pro ini lebih mewah gitu, feeling pakenya kayak jadi lebih elegan aja. gerakan di layarnya jadi lebih lembut, muluzzz!

Hanya dengan naikin refresh rate ini doang lho, level dari iPhone 13 Pro, jadi berasa jauh lebih canggih dari iPhone lain. Apalagi panel OLED yang dipake di HP ini juga udah lebih terang ya, itu salah satu tanda layar yang lebih bagus, terus OLEDnya juga tipe LTPO punya, yang bikin refresh rate bisa naik turun.

Dari yang maksimal 120Hz tadi kalau gerakan di layar lagi banyak, misalnya buat scrolling, bisa turun tinggal 10Hz aja kalau lagi nggak banyak animasi, misalnya kita lagi ngetik, baca artikel, nonton video 30 fps, frame ratenya bakal nyesuaiin biar batere lebih efisien. Cakep! 



Dan ngomong ngomong soal batere, ini nih, bagian yang bikin salut sama iPhone. Coba ya. Kalau anda denger ada HP yang baterenya 3095 mAh, mungkin anda udah mau mendang-mendingin abis abisan. Woooo, Redmi 9 aja 5000 mAh. 2 Juta! Samsung S21+ aja baterenya 4800 mAh! Kacau banget iPhone. Tapi kenyataannya, iPhone 13 Pro ini, buat main sosmed, chatting, nonton video, foto-foto, justru baterenya berasa juara banget. Aktif dipake seharian, screen on time sekitar 5 jam lebih, masih bisa nyisa 20%an. Belum lagi kalau kita ngomongin soal iPhone 13 Pro Max, yang baterenya 4352 mAh.

Daya tahannya parah! 

Bisa dipake 10 jam lebih aktif! Memulai hari di batere 70%, terus dihajar GPS, terus koneksi data. Bukan Wi-Fi, screen on time 6 jam dari 70%,  sisa batere masih 19%. 

Di ulangin. Sisa 70%, GPS, pake kuota, pake paket data, di sore hari sisanya 20%, itu kayak bisa nyaingin Samsung M62 yang baterenya 7000mAh lho. Yang bener-bener ngandelin batere. 



Sementara Apple kayak bilang:

"Ya ini si iPhone 13 Pro Max dia 2.5 jam lebih lama dari yang sebelumnya" Kayak biasa gitu, padahal se-luarbiasa itu.


Apple kerasa kayak nggak bisa jualan. Atau mereka memang mancingin reviewer buat banggain banget buat nekenin banget kalau batere dari si Pro Max ini se-luarbiasa itu. Batere di iPhone 13 Pro dan Pro Max ini… Bikin usernya jadi lebih pede lah. Perhatiin warnanya, sekarang jadi lebih damai rasanya. Ada beberapa teori yang bilang kalau baterenya bisa seawet ini karena masih ada sebagian aplikasi yang dia mentoknya di 60 fps aja, belum diunlock developernya biar bisa naik ke 120Hz. Makanya bisa hemat.


Tapi ya itu bukan masalah, nanti kalau misalnya semuanya udah bisa di atas 60Hz semua, palingan jadi lebih boros setengah sampe sejam doang. Tetep termasuk awet banget, apalagi kita jadi bisa nikmatin 120Hz di lebih banyak aplikasi kan, dan jangan lupa, naik ke 120nya cuma pas dibutuhin doang kan. Yang lebih di cemasin, justru soal potensi update dari Apple yang kadang bisa bikin performa batere jadi drop, misalnya kemaren pas baru update ke iOS 15,  pada ngeluh baterenya jadi lebih cepet abis.



Yah, itu urusan nanti lah. Itu belum pasti. Yang penting sekarang, iPhone 13 Pro Max dan iPhone 13 Pro, baterenya juara! Ini upgrade yang paling...Ck! Ini upgrade yang paling berasa banget. Mungkin selanjutnya, ini senter bisa dibikin jangan auto hidup terus ya. Chipset yang dipake di iPhone 13 Pro, juga juara!  A15 Bionic non-sunat, beda dari A15 Bionic di iPhone 13 biasa ya. Kalau di versi Pro ini, GPUnya ada 5 core, A15 di iPhone 13 biasa 4 core aja. Apple ngeklaim kalau A15 Bionic di iPhone 13 Pro ini punya CPU yang 50% lebih kenceng dari kompetisi, GPU yang 50% lebih kenceng dari kompetisi. Walaupun nggak dibilang siapa kompetisinya, dan spesifik dibandingin sama chip yang mana, ya kita terima aja lah kalau Chipset Apple itu terbang banget.

Chip di HP kemaren aja selalu jadi andelan buat main game, apalagi chip kali ini, yang skor GPUnya hampir 50% lebih tinggi, dan buat CPU, 10% lebih kenceng. Lebih jos lagi. 


Pengalaman main game di iPhone memang selalu maksimal lah, mau anda main game apapun. termasuk yang berat banget, juga mulus. Di settingan paling tinggi pasti jalan, tapi ya itu. Masalah sekarang kalau main itu, bukan siapa yang lebih kenceng, tapi siapa yang bisa tahan panasnya. Dan iPhone ini panasnya sekitar 44-45 derajat, agak bahaya buat frame rate-nya, kadang bisa drop sih. Jadinya di set ke grafik medium aja biar suhu lebih stabil dan frame rate lebih enak. Tapi kalau game lain bisa mentok terus. Lanjut ke desainnya! Nggak mungkin ngomongin iPhone tanpa ngomongin desain. Karena pasti ada yang baru terus.




Apple ngerti, kalau orang beli iPhone baru, mereka pengen orang lain tau kalau iPhone mereka itu baru. Makanya, walaupun tema dari iPhone 13 Pro masih sama kayak iPhone 12 Pro. pinggiran HPnya tetep dibuat mengkilat, berasa mewah, dengan sudut sudut tajem alias kotak, tetep ada bagian yang bakal 
langsung nyolok mata kita pas lihatnya. Apalagi yang di omongin kalau bukan bagian kameranya ini. Gede banget. Kalau anda pikir kamera iPhone 11 sama 12 Pro kemaren udah gede sampai dibilang boba-boba, sekarang kamera iPhone 13 Pro ini udah kayak kompor. 



Ciri khasnya kuat. Buat desain, nggak usah diraguin lagi. iPhone baru ini mewah lah. Fitur baru yang ada di iPhone 13 Cinematic Mode, yang di iPhone lain belum ada. Itu lho, fitur biar video kita jadi bisa auto bokeh, auto mindahin fokus di video biar kerasa lebih estetik lagi. Ya ini fitur yang baru di iPhone, tapi nggak terlalu kepake ya, karena hasil bokehnya masih hoki hokian lah kadang rapi, kadang keliatan agak bocor-bocor dikit.






iPhone 13 Pro ada fitur buat auto nerapin filter yang tipis tipis ke foto kita. Biasanya kan, dapetin kesan kalau foto iPhone itu kerasa agak kuning. Agak cokelat, warm, khas iPhone. Beda sama HP ini yang cool atau kontras. Sekarang di iPhone 13 Pro nggak harus gitu. di HP ini kita bisa pilih aja mau tone warna mau kayak gimana. Mau yang standar, ada, mau yang kontras tinggi, ada, vibrant, ada, warm, cool, pilih sendiri sesuai selera. Sama ada satu lagi, ini antara keren atau b3go sih Kamera ultrawidenya, yang bisa dipake buat motret makro juga. Hasil kamera makronya top punya ya. Jelas jauh lebih bagus daripada makro-makroan dari HP Android 2MP yang nggak jelas Detil objek bisa kita tangkep dengan jelas kalau ini.


Tapi ada yang bagian yang nggak suka, dan udah sering diomongin juga. Supaya cepet dibenerin Apple. Pas kita mau motret sesuatu dari jarak deket, pake kamera utama yang kualitasnya paling tajam, nggak mau pake kamera makro. HPnya malah auto switch ke kamera makro. Menurut HPnya, kalau kita mau motret deket, itu udah jelas pasti mau potret makro. Nggak ada tombol buat kita set manual mau pake yang mana. Fitur ini kerasa ngeganggu pas pengen bikin video TikTok. Kan biasa tuh, anak anak TikTok openingnya dari deket terus menjauh. Di iPhone 13 Pro ini, kalau kita mau shot gitu, kameranya bakal mulai dari mode makro karena deket, terus pas kita udah menjauh, masih tetep pake kamera makro yang kualitasnya nggak bagus.




Harus nunggu bentar sampe dia switch ke kamera utama, itu pun ada sedikit efek patahnya, efek ganti kamera. Jadi kerasa agak aneh aja kalau diperhatiin. Untungnya itu bisa dibenerin pake update software ya. Semoga cepet lah. Kalau buat kualitas kameranya utamanya sendiri, sebenernya... ngarepnya lumayan tinggi ya. karena Apple ada yang bilang kalau kamera utamanya bisa nyerep 2.2x lebih banyak cahaya. Dipikir wow banget tuh. Kamera iPhone 12 Pro di low light udah bagus. ini bisa 2.2x lebih terang? Keren aja. Kalau buat foto siang siang, bedanya nggak bakal berasa, Jelas cahaya bukan jadi masalah di kondisi begini. Fotonya tetep bagus, cuma keliatan mirip-mirip aja sama iPhone-iPhone kemaren. Pas kita udah masuk ke skenario low light, itu yang di tunggu. Kesan awal sebenernya nggak oke ya, hasil fotonya keliatan sama-sama aja kayak iPhone yang udah-udah, nggak kerasa "Wuh, beda ya?" sampe 2.2x gitu. Tapi pas di bandingin samping-sampingan baru memang berasa kalau iPhone 13 Pro lebih bagus dari iPhone 12 Pro.






Detilnya lebih dapet, dan efek cahaya yang bocor dari lampu bisa lebih keredam. Terus kontrasnya juga lebih enak. Noise-nya lebih dikit. Mau pake kamera utama, kamera ultrawide, kamera tele, semuanya lebih cakep. Apakah ini ngebuktiin klaim angka 2.2x tadi, nggak tahu juga. Jujur aja, ini kalau ditanya seberapa jauh bedanya, nggak sampai 2.2x atau 100% lebih ya. Mungkin di bilangnya kayak 20% aja yang kerasa tapi nggak sejauh itu. Cuma ya oke lah. Kalau buat video kamera depannya sendiri, buat vlogging, buat apapun, yah, sama kayak kamera belakangnya, iPhone ini... memang bagus sih.


Ini di 4K 30 fps, mulus, warnanya bagus, sama kayak dulu lah. Nggak ada upgrade yang gimana banget, tapi susah sih mau minta lebih. 

Kesimpulannya! 

Apakah iPhone 13 Pro ini HP bagus? Recommended? Yes dan yes. Gimana nggak rekomen coba? Semua yang penting penting dari sebuah HP, kena upgrade semua di iPhone 13 Pro ini. Batere lebih awet, desain bikin orang noleh dan salfok, performa ngasepin HP lain, kamera yang jelas sudah ditajemin lagi dari yang udah bagus. layar yang lebih ngebut dengan poni lebih ramping semuanya jadi jauh lebih keren. HP ini memang nggak bisa dibilang sempurna ya. Kalau mau kritik, pasti ada aja lah bunyinya. Kayak tadi, saya ada sebutin soal sistem kamera makro yang bikin frustasi, terus sudut bodinya lebih tajem, nggak senyaman HP lengkung kalau pegangnya, walaupun lebih cakep, sistem unlock Face ID yang ngerepotin orang yang pake masker, nggak ada pilihan buat fingerprint port lightining… Sama sekali bukan HP yang bisa dibilang sempurna. Tapi udah bagus banget. 



Kalau ditanya orang, apakah iPhone 13 Pro bagus? Beli aja atau nggak? Bakal selalu bilang iya. Beda sama iPhone 13 reguler yang nanti bakal kita bahas.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=YcKXdK7g7Hc



Share This Article :
Counter HP
3973263510853181729