Nap6NaR7NaFcNWt8NaV5NGxbLCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Fantastis Smartwatch Amazfit GTR 3 Pro Beda dari Kelasnya

counterhp.com

Halo guys, counterHP.com di sini. Kali ini, lewat seri GTR3 Pro, Amazfit kayak pengen naik kelas gitu batas atasnya coba dijebol, karena harga jam ini udah tembus 3 juta lebih. Lebih tepatnya 3.299 Juta!

counterhp.com


Jadi GTR3 Pro ini bakal jadi varian paling gila di Indonesia. Dan otomatis, mereka harus all out buat ngasih fitur yang sebanding, biar orang nggak heran: "Amazfit kok 3 jutaan sih?" "Memangnya dapat apa aja?"

counterhp.com

counterhp.com


Pertama, kalau ngomongin jam tangan, pastinya kita harus senggol soal desainnya dulu ya. Penting ini. Dan untungnya Amazfit GTR3 Pro ini udah punya gaya yang bisa dipamerin. Bentuk jamnya bulet klasik gitu. Kayak jam-jam pada umumnya lah. Dan feelnya berasa premium berkat bahan bodi aluminium yang solid, tapi bobotnya tetep enteng ya... 32 gram aja kalau nggak pake strap, dan nambah 11 gram lagi kalau kita pake strap yang leather, tau nambah 25gram kalau pake strap rubber kayak yang lagi kita bahas sekarang. Jadi total 50an gram doang.

counterhp.com


Di sisi kanan jamnya, kita bisa nemuin 2 tombol ya, yang di bagian atas ada crown dengan tesktur garis-garis yang bisa diputar buat navigasi, dan di bawahnya ada satu tombol shortcut yang bisa kita atur fungsinya.

counterhp.com

counterhp.com

counterhp.com


Mau langsung ngukur denyut jantung, bisa, blood oxygen juga bisa, dan lain-lain. Kalau bawaannya sih, shortcut ini langsung ngarahin kita ke mode olahraga. Sementara di sisi belakang, ada sensor yang dikasih nama BioTracker 3.0 oleh Amazfit. Tracker ini ngandelin 6 photodioda dan 2 LED buat mantau aktivitas kita. jumlahnya itu lebih banyak dari BioTracker generasi kemaren yang cuma pake 2 photodioda. Sekarang ada 6. Jadi harusnya bisa lebih akurat lagi ya, terutama  buat deteksi saturasi oksigen di darah. Karena itu kan pakai cahaya, nanti kita tes.

counterhp.com


Buat displaynya sendiri, yang bentuknya bulet gini, diameternya 1.45 inci ya, nggak ada ukuran yang lain, jadi cuma 1 varian aja. Panelnya udah pasti AMOLED, dan resolusinya tinggi di 480x480 pixel, 331 ppi! Mau diliat dari jarak yang deket banget pun, agak susah buat ngelihatin pixelnya. Udah padat banget. Warnanya pun cerah ya, dan kalau dipake di luar ruangan juga masih bisa keliatan jelas karena brightness maksimalnya bisa sampe 1000 nits. Amazfit memang nggak boleh tanggung-tanggung lah soal spek beginian. Pilihan watchface-nya juga asik-asik. Kalau mau keliatan klasik, ada. Kalau mau yang penuh sama data, ada.

counterhp.com


counterhp.com


Yang minimalis, yang rame, ada semua. Animasi pun ada, silahkan pilih aja. Katanya total watchfacenya ada 150 lebih ya, tapi nggak di hitung sampai detail banget. Buat UInya sendiri ada satu aja, mau watchfacenya kayak gimana, pokoknya ya kita pilihannya satu, Cara pakenya simpel. Swipe dari atas buat ngeliat beberapa mode kayak do not disturb, set volume, brightness dan lain lain, swipe dari bawah buat ngeliat notif, dan swipe kiri kanan, ini buat ngeliat widget yang bisa kita pilih mau aktifin yang mana.

counterhp.com

Buat menunya sendiri, ini masih pakai sistem scroll ya. Mirip kayak jam Amazfit yang lain. Tapi di GTR3 Pro ini scrollnya berasa lebih responsif, sampai agak terlalu cepat. pas mau mampir ke satu app, masih sering offside satu-dua baris kelewatan. Kebanyakan dari daftar aplikasinya sih standar aja sih.

counterhp.com

counterhp.com


Fungsi-fungsi basic dari wearables, bisa kita temuin semua di jam ini. Misalnya buat set alarm, liat kalender, ngatur music player, ngeliat info cuaca, ngukur denyut jantung, kompas, fungsi buat bunyiin HP yang kekonek biar tau dia lagi di mana, mau ihat level stres kita, bisa. Mau catat siklus bulanan wanita juga bisa.

Apapun yang anda harapin dari sebuah wearables, GTR3 Pro ini ada.

counterhp.com

counterhp.com

counterhp.com

Plus ada beberapa fitur yang lumayan beda. yang bikin Amazfit berani matok harga yang lebih tinggi dibanding seri jam yang lain. Di sini kuncinya. Misalnya, jam ini udah siap buat kita pake monitoring aturasi oksigen dalam darah selama 24 jam penuh. dan bakal peringatin kita kalau saturasinya nurun. Ini fitur yang lumayan penting di masa pandemi gini. Paling kepakenya pas kita lagi tidur ya, masa dimana kita nggak bisa ukur manual, jadi kita harus bikin auto, dan pas kita badan lagi diem banget juga kan. Cocok lah. Soalnya kalau mau ngukur saturasi oksigen pake smartwatch, tangan kita memang disarankan buat diem biar lebih akurat. Kalau siang kan, pas kita lagi aktivitas, tangan kita bakal jarang diam kecuali memang diniatin. Jadi fitur monitoringnya kurang maksimal karena momennya kurang dapat aja, jadi pas tidur.

counterhp.com

counterhp.com


Di dalem jam ini, kita juga bisa nemuin fitur One Tap Measuring, yang bisa ngukur 4 indikator kesehatan sekaligus dalam 1 tap aja. Jadi nggak perlu ribet ngukur satu-satu lagi. 


Jam ini juga bisa dipake buat teleponan, karena dia punya mikrofon dan speaker. Jadi kalau kita lagi olahraga gitu, atau mager lah mau ambil HP yang lagi jauh pas ada yang nelpon, kita bisa langsung ngobrol lewat jam ini.


Oh iya, ngomong ngomong soal olahraga, jam ini juga support voice assitant Alexa ya, yang punya Amazon itu. Tapi sayangnya belum bisa dipake di region Indonesia. Kalau mau pake, kita harus daftar accountnya pake region luar.

counterhp.com

counterhp.com

counterhp.com


Buat mode olahraga, Amazfit GTR3 Pro ini udah support sampe 150 lebih jenis olahraga. Mulai dari yang basic basic kayak lari, sepedaan, berenang juga tentu aja bisa karena jam ini tahan air sampe kedaleman 50 meter, denyut jantung juga bisa diukur pas lagi berenang. Nge-gym ada, badminton ada, sampai kategori yang bisa didebatin olahraga atau bukan, kayak catur, main bridge, main go.

counterhp.com

counterhp.com


Jam ini pun support buat ngerecord aktivitasnya. Dan khusus buat 8 jenis olahraga populer, kayak lari di luar ruangan, jalan di dalea ruangan, jalan kaki, treadmill, sepedaan, rowing, eliptical, berenang, jam ini bisa otomatis detect olahraga itu, kalau kita lupa buat aktifin modenya.

GPS juga tentu aja udah ada di GTR3 Pro ini, segala jenis sistem positioning dia udah ada. Dari GPS, Beidou, GLONASS, Galileo, QZSS, semuanya siap buat mosisiin lokasi jam ini. Biar pas kita lagi olahraga, kita nggak wajib bawa HP. Pas udah kelar olahraga, baru kita sync datanya dan liat hasil kita di HP, speed, dan jarak tempuh, rute, bisa diukur semua.

Jadi buat yang seneng sepedaan atau lari outdoor, ini jadi nilai tambah banget ya. karena kalau smartwatch nggak ada GPSnya, ya dia jadi bergantung banget sama GPS yang ada di HP, kalau nggak ada HP, dia nggak bisa nge-track apa-apa. Ya, ini udah bisa.

counterhp.com

counterhp.com


Nah, buat ngeliat semua hasil trackingan tadi, mau trackingan tidur, denyut jantung, saturasi darah, hasil olahraga, kita tinggal buka aplikasi Zepp, di iOS, Android, semuanya ada.

counterhp.com


Di sini semua datanya disusun rapi dan dikasih analisanya. Misalnya di bagian paling atas, ada skor PAI, ini Personal Activity Intelligence. ini kayak skor aktivitas kita lah. Semakin tinggi angkanya, artinya kita semakin aktif dan tentu aja itu bagus buat kondisi fisik kita.

counterhp.com


Buat naikin skor PAInya, aplikasi ini ada ngasih beberapa saran yang bagus ya. Terus di bawahnya, jam tidur kita juga dikasih skor, hasil kombinasi dari durasi tidur, durasi deep sleep, light sleep, kapan mulai tidur, kapan bangunnya, semuanya dihitung.

counterhp.com


Misalnya jam tidur  dari jam 1 malem, sampe jam 9 pagi, katanya itu bagus sih, katanya itu bagus, tidurnya cukup, nggak telat-telat banget. Skornya 88.

counterhp.com

Untuk tidurnya jam 7 pagi, bangunnya jam 6 malam. Kayaknya lebih lama lebih oke ya? Tapi menurut Zepp ini, nggak, skornya cuma 44 aja. Karena deep sleepnya rendah katanya. Data yang menarik sih...

counterhp.com

Selain data tidur, di bawahnya juga ada banyak data lain kayak history olahraga, jumlah langkah harian, level stress dan lain-lain. Aplikasi Zeep ini yang wajib lah, pasti harus kita install.

counterhp.com


Buat daya tahan baterenya sendiri, Amazfit GTR3 Pro ini pake batere kapasitas 450mAh. Amazfit ada ngeklaim kalau dia bisa tahan sampe 12 hari buat pemakaian biasa, dan 6 hari buat pemakaian berat. Di percobaan lainnya dia abis dalam 7 hari ya, Notif hidup, monitoring heart rate hidup, SpO2 idup, track olahraga mungkin sekitar 2-3 jam seminggu. Jadi dia habis dalam 7 hari. 12 hari bisa kena kalau semuanya dimatiin kali. 7 hari udah oke lah.

counterhp.com


Kesimpulannya Amazfit GTR 3 Pro. Jam ini sukses, buat ngubah pandangan kalau smartwatch Amazfit itu levelnya cuma di kelas budget aja. belum berani saingan sama brand yang kelasnya lebih premium. Kali ini ceritanya beda, pas pake jam ini, feelnya mirip kayak jam dari brand lain yang harganya sekitar 3-5 juta.

counterhp.com

counterhp.com


Mulai dari bahan bodinya yang kerasa lebih solid, layar yang tajam dan UI yang responsif, fitur yang lebih kaya dari generasi kemaren, ditambah bumbu yang bikin Amazfit jadi unik sendiri kayak aplikasi Zepp yang rapi, bikin smartwatch ini bisa jadi salah satu pilihan bagus buat anda yang lagi nyari jam di level harga segini. Jadi lawan yang sepadan buat brand yang udah lama main duluan.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=0OFYAa8-L3w&t=30s


Share This Article :
Counter HP
3973263510853181729